Kamis, 05 Februari 2015

Latihan yoga di rumah & Persiapan yang perlu dilakukan

162383291

Latihan yoga di rumah memang dapat dilakukan oleh siapa saja, disamping waktu yang anda pilih dapat lebih fleksibel; berlatih yoga di rumah bagi para pemula dapat dilakukan sebagai salah satu cara untuk mengenal beberapa dasar tentang gambaran umum dari yoga. Berlatih di rumah tentunya lebih praktis dan efisien, tetapi tetap saja anda perlu mencoba mengikuti kelas yoga dengan bimbingan langsung dari instruktur yoga.

Melakukan yoga di rumah membutuhkan beberapa persiapan baik secara internal maupun secara eksternal. Yang dimaksud secara internal disini adalah persiapan dari diri anda sendiri, ini menjadi hal yang paling utama yang harus diperhatikan. Ada kala nya melakukan latihan di rumah membuat anda lebih tidak konsisten untuk melakukan latihan secara rutin. Selain itu kita juga membutuhkan perlengkapan seperti apparel, dan perlengkapan yoga lainnya. untuk melakukan Yoga membutuhkan niat dan motivasi yang kuat sehingga anda tetap termotivasi untuk mempelajari dan berlatih yoga dengan hanya menggunakan media seperti yoga DVD, online class, atau pun dari video yang dapat didownload di beberapa situs online.


Bagi anda yang masih pemula, ada baiknya juga melakukan beberapa riset terlebih dahulu untuk menentukan what types of yoga yang akan anda lakukan. Tentu saja segala sesuatu yang menjadi pilihan anda, pastikan anda memilih kategori untuk level beginner. Hal ini juga akan membuat anda lebih mudah untuk mempraktekkannya dan juga mengurangi resiko cedera pada diri anda sendiri. Ada beberapa jenis yoga styles yang dapat menjadi pilihan anda untuk melakukan latihan yoga di rumah.

Akan tetapi semuanya nya juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, meningkatkan fleksibilitas anda, menjaga keseimbangan antara pikiran dan tubuh, serta menjaga keselarasan antara body, mindand soul.

mjhvg

Selanjutnya persiapan lain yang perlu diperhatikan adalah dari segi eksternal; dimana salah satu contohnya adalah dari pemilihan tempat yang cocok untuk dijadikan tempat atau ruangan favorit untuk berlatih. Ruangan yang dapat dijadikan tempat latihan tidak lah harus besar, tetapi juga

jangan terlalu sempit. Memiliki sirkulasi udara yang baik serta agak jauh dari kebisingan jalan raya, televisi atau yang lainnya. Dengan berada di ruangan yang tenang memungkinkan anda lebih focus dan berkonsentrasi dalam berlatih, sehingga anda akan merasakan hasil yang maksimal. Ketika berlatih, anda juga dapat menggunakan musik untuk berlatih yoga yang dapat menjadi latar dan membantu anda agar lebih cepat menjadi rileks.

Trainging for health and fitness studio workout gym photographs

Karena latihan dilakukan di rumah dan misalnya anda tidak dibimbing oleh instruktur yoga, maka sangat penting untuk mendapatkan sumber yang benar tentang penerapan pose yoga. Jika anda mendapat panduan dari DVD yoga, maka lakukan research terlebih dahulu tentang siapa yang menjadi instruktur nya; kelengkapan informasi yang ada pada DVD tersebut; serta bagaimana reviews yang diberikan orang lain terhadap DVD tersebut. Mempelajari history of yoga juga dapat dilakukan sehingga pada saat anda memulai latihan, anda mengerti manfaat apa yang anda dapat dari berlatih yoga secara rutin.

Sumber lain yang dapat dijadikan panduan untuk latihan yoga di rumah adalah dari buku. Banyak buku-buku yoga yang dijual di toko buku dan dapat dijadikan sumber yang terpercaya dan bermanfaat. Untuk menemukan buku terbaik tentunya anda dapat mendapatkan referensi yang terpercaya dari beberapa sumber, misalnya dari teman yang sebelumnya telah mengikuti yoga, dari guru yoga, atau juga dari internet. Menemukan sumber yang terpercaya untuk melakukan yoga di rumah sangat penting. Hal ini akan membantu anda dalam melakukan pose yoga dengan benar dan memastikan agar anda tidak salah dalam melakukan gerakan dan menimbulkan resiko cedera pada diri sendiri.

Setiap melakukan olah raga sebaiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu. Hal ini juga berlaku ketika berlatih yoga, lakukan pose-pose yoga untuk pemanasan untuk mempersiapkan tubuh sebelum mulai melakukan yoga poses yang lebih memerlukan kekuatan dan stabilitas untuk melakukannya. Waktu pemanasan yang diperlukan kurang lebih berkisar antara 5 hingga 10 menit. Durasi latihan setiap sesi biasanya berkisar antara 60 hingga 90 menit, akan tetapi karena anda melakukan latihan yoga di rumah maka durasi waktu yang akan anda lakukan dapat diatur sesuai dengan waktu yang anda miliki untuk berlatih. Jika anda mendapatkan sumber panduan yoga dari video online, maka disini ada banyak pilihan dengan tiap sesi yang dilakukan terdiri dari beberapa menit yang berkisar antara 15 menit hingga 60 menit. Lakukan latihan secara rutin dan secara bertahap, seiring waktu anda akan dapat melakukan yoga poses yang lebih menantang dan melakukan pose baru serta mempertahankan posisi sedikit lebih lama.

 Selanjutnya pilih waktu yang tepat untuk berlatih. Melakukan yoga pada saat anak-anak menonton tv akan membuat anda terganggu dan menjadi tidak fokus pada pose yang anda lakukan. Di saat anda memiliki waktu untuk diri anda sendiri mungkin menjadi pilihan waktu yang tepat untuk berlatih, setidaknya 20 menit waktu tenang dapat membuat anda menjadi lebih rileks dan enjoy your time. Berlatih yoga di pagi hari dapat menjadi rutinitas yang menyenangkan dan merupakan cara yag positif untuk menambah energi sebelum anda disibukkan dengan rutinitas sehari-hari.

 Persiapan anda hampir selesai untuk praktek yoga di rumah; selanjutnya persiapan yang perlu untuk mempraktekkan yoga ada beberapa hal seperti yoga mat, what to wear for yoga, serta aplikasi apa saja yang dapat membantu anda dalam berlatih. Reviews tentang pakaian yoga dapat anda baca pada artikel lain yang sudah pernah dibahas sebelumnya. Untuk penggunaan aplikasi; disini anda dapat menggunakan laptop dan jaringan internet jika anda mendapatkan belajar yoga melalui online yoga. Jika anda membutuhkan musik di saat melakukan latihan pernapasan atau meditasi; maka anda sebaiknya mempersiapkan terlebih dahulu music yang ingin diputar bersama dengan ipod speaker dan ipod anda di ruangan.

Menemukan yoga merupakan praktek untuk menemukan kembali diri anda sendiri. Dengan padatnya kegiatan yang anda lakukan; membuat anda terkadang lupa untuk menyediakan waktu bahkan untuk anda sendiri. Melakukan yoga di rumah dapat menjadi solusi bagi anda yang mempunyai jadwal yang sibuk atau bahkan bagi anda yang menghabiskan waktu dengan mengurus anak. Pada akhirnya anda akan merasakan bagaimana efek yang didapat dengan berlatih yoga secara rutin. Memang pada awalnya, anda akan kesulitan untuk tetap disiplin dalam praktek; tetapi secara perlahan anda akan menemukan keselarasan pada tubuh dan jiwa anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar